Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Bidara - Daun bidara nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga kita, selain banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, daun ini juga merupakan daun atau tanaman yang disebutkan dalam Al Quran. Pohon bidara adalah pohon kecil yang tumbuh dengan tinggi mencapai 5 - 15 meter. Pohon ini dapat tumbuh di daerah beriklim tropis, namun pada umum nya pohon bidara juga dapat bertahan hidup di daerah kering. Walaupun tumbuh di daerah kering, tetapi daun bidara akan tetap berwarna hijau meskipun terkadang terlihat garing.

Daun bidara (Arab: sidr) menurut Al-Qur'an dan hadist, serta beberapa manfaatnya, Ada beberapa ayat dalam surat Al-Qur'an yang menjelaskan mengenai daun bidara, diantaranya yakni:

Surat AS-SABA (kehancuran negeri Saba) ayat 16,

فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ

Artinya:
”Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon sidr (bidara).” (Q.S. As-Saba,16).

Daun Bidara juga bisa digunakan untuk mandi, seperti hadis Rasullullah berikut ini.

daun bidara

Mandi Setelah Haid Bagi Wanita


عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ أَسْمَاءَ سَأَلَتِ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ غُسْلِ الْمَحِيضِ فَقَالَ « تَأْخُذُ إِحْدَاكُنَّ مَاءَهَا وَسِدْرَتَهَا فَتَطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتَدْلُكُهُ دَلْكًا شَدِيدًا حَتَّى تَبْلُغَ شُئُونَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا الْمَاءَ. ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطَهَّرُ بِهَا فَقَالَتْ أَسْمَاءُ وَكَيْفَ تَطَهَّرُ بِهَا فَقَالَ « سُبْحَانَ اللَّهِ تَطَهَّرِينَ بِهَا ». فَقَالَتْ عَائِشَةُ كَأَنَّهَا تُخْفِى ذَلِكَ تَتَبَّعِينَ أَثَرَ الدَّمِ.

Dari Aisyah: Sesungguhnya Asma' binti Abi Syakl bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai tata cara mandi setelah selesai haid.

Nabi bersabda, “Ambillah air dan daun bidara lalu bersucilah dengan wudu' yang benar, kemudian siramkan air ke atas kepala sambil digosokkan secara benar hingga air sampai ke kulit kepala lalu siramkan air ke badan. Setelah itu ambillah sebagian lembaran kain yang sudah diberi minyak wangi (kasturi) kemudian gunakanlah untuk membersihkan tempat dimana keluarnya darah haid”. Asma’ bertanya, “Bagaimana cara membersihkannya?”. Jawaban Nabi, “Subhanallah, gunakanlah itu untuk membersihkannya”. Aisyah lantas memberikan penjelasan kepada Asma', “Sapukanlah kain tersebut pada tempat keluarnya darah haid” [HR Muslim].

Memandikan jenazah

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ 

Mandikanlah sambil mengguyurkan air yang telah dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus atau wewangian. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dan Manfaat yang lain untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

DAPAT MEMPERCEPAT PROSES PENYEMBUHAN LUKA

Daun bidara dapat mengobati berbagai luka seperti luka gores, lecet dan luka terbuka. Daun ini memiliki senyawa anti inflamasi yang dapat membantu menghentikan aliran darah, mengurangi bengkak dan mempercepat penyembuhan luka.

MERINGANKAN LUKA BAKAR

Di India, daun bidara juga dikenal untuk meringankan luka bakar. Daun bidara segar dapat memberikan sensasi rasa dingin pada kulit yang terkena luka bakar.

MERAWAT KULIT KUSAM DAN KERING

Masih tidak jauh-jauh dari khasiat daun bidara untuk kecantikan, kali ini daun bidara digunakan untuk merawat kulit kusam dan kering pada wajah dan seluruh tubuh.
Caranya, haluskan daun bidara segar lalu campur dengan sedikit air. Oleskan pada bagian kulit yang kering dan kusam seperti wajah, tangan dan kaki. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat.
Untuk hasil yang optimal, Anda bisa mencampurkan masker daun bidara ini dengan madu atau lemon dan ulangi pemakaiannya 1-2 kali dalam seminggu, dan tunggu hingga 3-4 kali untuk melihat perubahannya.

Demikian Artikel tentang daun bidara, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua

Referensi : 
http://infosiana.net/manfaat-daun-bidara-untuk-kesehatan/
https://steemit.com/indonesia/@yuslindwi/pohin-bidara-salah-satu-tanaman-yang-disebutkan-dalam-al-qur-an-20171025t84844245z


Reactions

Post a Comment

0 Comments