Cara Mudah Membuat Games Puzzel Dengan Adobe Flash

Selamat Datang Di Blog Sourcecode Aplikasi, Blog ini adalah salah satu media yang bisa anda gunakan untuk belajar Bahasa pemrograman dan juga belajar desain grafis dengan mudah.

Kali ini saya akan mencoba untuk membahas bagaimana cara untuk membuat sebuah Games puzzel dengan mudah menggunakan aplikasi Adobe Flash. Sebelum membahas lebih jauh lagi mengenai cara membuatnya, kita harus tahu atau mengenal terlebih dahulu apa itu Adobe Flash ?

Adobe Flash merupakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat Animasi 2D dengan menggunakan Action Script. Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang ingin belajar membuat animasi, Benner Iklan, dan yang lainnya karena Tools yang ada hampir sama dengan Adobe photoshop karena kedua aplikasi ini satu paket sehingga mayoritas Tools Nya sama.

Bagi anda yang tertarik untuk belajar membuat animasi dengan menggunakan Adobe Flash silahkan klik Link dibawah ini.

Belajar Animasi 2D dengan Adobe Flash


Okeh, tanpa panjang lebar kali tinggi, kita masuk langsung saja pada pembahasan inti yaitu cara membuat games puzzel dengan Adobe Flash.

Siapkan Bahan-bahannya terlebih dahulu yah, seperti : Leptop, Adobe Master, Gambar yang akan dijadikan Games puzzel.

Langkah pertama :
Buka terlebih dahulu aplikasi Adobe Flash pada komputer anda, kemudian pilih Action Script 2 saja biar lebih mudah membuatnya.

Selanjutnya yaitu membuat Layer BackgroundNya, sebagai contoh saya akan menggunakan backgroud pada tampilan dibawah ini.


Langkah Kedua :
Buatlah sebuah Layer seperti gambar dibawah ini. Untuk Background diatas tempatkan pada Layer Background.


Langkah Ketiga :
Masukan Gambar yang akan dijadikan Games  PuzzelNya, kemudian dipotong-potong seperti berikut ini .


Setiap potong gambar jadikan sebagai Movie Clips kemudian diberi nama a dan untuk targetnya diberi nama a_target seperti ini script lengkapnya :

stop();
score=0;
for (i = 1; i<=12; i++) {
set("kontrol" + i, true);
}

//membuat variable xawal dengan nilai koordinat x movie clip lingkaran //pertama kali
xawal = a._x;
//membuat variable yawal dengan nilai koordinat y movie clip lingkaran //pertama kali
yawal = a._y;
//ketika movie clip lingkaran ditekan
a.onPress = function() {
//movie clip ini dapat didrag
this.startDrag();
//movie clip ini berada di posisi paling atas
this.swapDepths(1);
};
//ketika tekanan pada movie clip lingkaran dilepaskan
a.onRelease = function() {
//movie clip ini tidak dapat didrag
this.stopDrag();
//jika posisi movie clip lingkaran berada di sekitar movie clip lingkaran_target
if (eval(this._droptarget) == a_target) {
//posisi x movie clip ini sama dengan posisi x movie clip lingkaran_target
this._x = _root.a_target._x;
//posisi y movie clip ini sama dengan posisi y movie clip lingkaran_target
this._y = _root.a_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol1) {
kontrol1 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}
}

//jika tidak
} else {
//posisi x movie clip ini sama dengan nilai variable xawal
this._x = xawal;
//posisi y movie clip ini sama dengan nilai variable yawal
this._y = yawal;
}
};
//ketika tekanan pada movie clip dilepaskan dan kursor mouse tidak berada //di movie clip lingkaran
//membuat variable xawal dengan nilai koordinat x movie clip lingkaran //pertama kali
xawal = b._x;
//membuat variable yawal dengan nilai koordinat y movie clip lingkaran //pertama kali
yawal = b._y;
//ketika movie clip lingkaran ditekan
b.onPress = function() {
//movie clip ini dapat didrag
this.startDrag();
//movie clip ini berada di posisi paling atas
this.swapDepths(1);
};
//ketika tekanan pada movie clip lingkaran dilepaskan
b.onRelease = function() {
//movie clip ini tidak dapat didrag
this.stopDrag();
//jika posisi movie clip lingkaran berada di sekitar movie clip lingkaran_target
if (eval(this._droptarget) == b_target) {
//posisi x movie clip ini sama dengan posisi x movie clip lingkaran_target
this._x = _root.b_target._x;
//posisi y movie clip ini sama dengan posisi y movie clip lingkaran_target
this._y = _root.b_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol2) {
kontrol2 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
} }
//jika tidak
} else {
//posisi x movie clip ini sama dengan nilai variable xawal
this._x = xawal;
//posisi y movie clip ini sama dengan nilai variable yawal
this._y = yawal;
}
};
//ketika tekanan pada movie clip dilepaskan dan kursor mouse tidak berada //di movie clip lingkaran
b.onReleaseOutside = function() {
//movie clip ini tidak dapat didrag
this.stopDrag();
//posisi x movie clip ini sama dengan nilai variable xawal
this._x = xawal;
//posisi y movie clip ini sama dengan nilai variable yawal
this._y = yawal;
};


//membuat variable xawal dengan nilai koordinat x movie clip lingkaran //pertama kali
xawal = c._x;
//membuat variable yawal dengan nilai koordinat y movie clip lingkaran //pertama kali
yawal = c._y;
//ketika movie clip lingkaran ditekan
c.onPress = function() {
//movie clip ini dapat didrag
this.startDrag();
//movie clip ini berada di posisi paling atas
this.swapDepths(1);
};
//ketika tekanan pada movie clip lingkaran dilepaskan
c.onRelease = function() {
//movie clip ini tidak dapat didrag
this.stopDrag();
//jika posisi movie clip lingkaran berada di sekitar movie clip lingkaran_target
if (eval(this._droptarget) == c_target) {
//posisi x movie clip ini sama dengan posisi x movie clip lingkaran_target
this._x = _root.c_target._x;
//posisi y movie clip ini sama dengan posisi y movie clip lingkaran_target
this._y = _root.c_target._y;
score +=62.5;
if (kontrol3) {
kontrol3 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
//jika tidak
} else {
//posisi x movie clip ini sama dengan nilai variable xawal
this._x = xawal;
//posisi y movie clip ini sama dengan nilai variable yawal
this._y = yawal;
}
};
//ketika tekanan pada movie clip dilepaskan dan kursor mouse tidak berada //di movie clip lingkaran
c.onReleaseOutside = function() {
//movie clip ini tidak dapat didrag
this.stopDrag();
//posisi x movie clip ini sama dengan nilai variable xawal
this._x = xawal;
//posisi y movie clip ini sama dengan nilai variable yawal
this._y = yawal;
};


//membuat variable xawal dengan nilai koordinat x movie clip lingkaran //pertama kali
xawal = d._x;
//membuat variable yawal dengan nilai koordinat y movie clip lingkaran //pertama kali
yawal = d._y;
//ketika movie clip lingkaran ditekan
d.onPress = function() {
//movie clip ini dapat didrag
this.startDrag();
//movie clip ini berada di posisi paling atas
this.swapDepths(1);
};
//ketika tekanan pada movie clip lingkaran dilepaskan
d.onRelease = function() {
//movie clip ini tidak dapat didrag
this.stopDrag();
//jika posisi movie clip lingkaran berada di sekitar movie clip lingkaran_target
if (eval(this._droptarget) == d_target) {
//posisi x movie clip ini sama dengan posisi x movie clip lingkaran_target
this._x = _root.d_target._x;
//posisi y movie clip ini sama dengan posisi y movie clip lingkaran_target
this._y = _root.d_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol4) {
kontrol4 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
//jika tidak
} else {
//posisi x movie clip ini sama dengan nilai variable xawal
this._x = xawal;
//posisi y movie clip ini sama dengan nilai variable yawal
this._y = yawal;
}
};
//ketika tekanan pada movie clip dilepaskan dan kursor mouse tidak berada 
//di movie clip lingkaran
d.onReleaseOutside = function() {
//movie clip ini tidak dapat didrag
this.stopDrag();
//posisi x movie clip ini sama dengan nilai variable xawal
this._x = xawal;
//posisi y movie clip ini sama dengan nilai variable yawal
this._y = yawal;
};


//-----------------------------

xawal = e._x;
yawal = e._y;

e.onPress = function() {

this.startDrag();

this.swapDepths(1);
};

e.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == e_target) {
this._x = _root.e_target._x;

this._y = _root.e_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol5) {
kontrol5 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
} else {
this._x = xawal;
this._y = yawal;
}
};

e.onReleaseOutside = function() {
this.stopDrag();
this._x = xawal;
this._y = yawal;
};

//-----------------------------

xawal = f._x;
yawal = f._y;

f.onPress = function() {

this.startDrag();

this.swapDepths(1);
};

f.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == f_target) {
this._x = _root.f_target._x;

this._y = _root.f_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol6) {
kontrol6 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
} else {
this._x = xawal;
this._y = yawal;
}
};

f.onReleaseOutside = function() {
this.stopDrag();
this._x = xawal;
this._y = yawal;
};

//-----------------------------

xawal = g._x;
yawal = g._y;

g.onPress = function() {

this.startDrag();

this.swapDepths(1);
};

g.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == g_target) {
this._x = _root.g_target._x;

this._y = _root.g_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol7) {
kontrol7 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
} else {
this._x = xawal;
this._y = yawal;
}
};

g.onReleaseOutside = function() {
this.stopDrag();
this._x = xawal;
this._y = yawal;
};

//-----------------------------

xawal = h._x;
yawal = h._y;

h.onPress = function() {

this.startDrag();

this.swapDepths(1);
};

h.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == h_target) {
this._x = _root.h_target._x;

this._y = _root.h_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol8) {
kontrol8 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
} else {
this._x = xawal;
this._y = yawal;
}
};

h.onReleaseOutside = function() {
this.stopDrag();
this._x = xawal;
this._y = yawal;
};

//-----------------------------

xawal = ii._x;
yawal = ii._y;

ii.onPress = function() {

this.startDrag();

this.swapDepths(1);
};

ii.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == ii_target) {
this._x = _root.ii_target._x;

this._y = _root.ii_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol9) {
kontrol9 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
} else {
this._x = xawal;
this._y = yawal;
}
};

ii.onReleaseOutside = function() {
this.stopDrag();
this._x = xawal;
this._y = yawal;
};

//-----------------------------

//-----------------------------

xawal = j._x;
yawal = j._y;

j.onPress = function() {

this.startDrag();

this.swapDepths(1);
};

j.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == j_target) {
this._x = _root.j_target._x;

this._y = _root.j_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol10) {
kontrol10 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
} else {
this._x = xawal;
this._y = yawal;
}
};

j.onReleaseOutside = function() {
this.stopDrag();
this._x = xawal;
this._y = yawal;
};

//-----------------------------
//-----------------------------

xawal = k._x;
yawal = k._y;

k.onPress = function() {

this.startDrag();

this.swapDepths(1);
};

k.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == k_target) {
this._x = _root.k_target._x;

this._y = _root.k_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol11) {
kontrol11 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
} else {
this._x = xawal;
this._y = yawal;
}
};

k.onReleaseOutside = function() {
this.stopDrag();
this._x = xawal;
this._y = yawal;
};

//-----------------------------
//-----------------------------

xawal = l._x;
yawal = l._y;

l.onPress = function() {

this.startDrag();

this.swapDepths(1);
};

l.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == l_target) {
this._x = _root.l_target._x;

this._y = _root.l_target._y;
score +=62.50;
if (kontrol12) {
kontrol12 = false;
if (score == 750) {
gotoAndPlay("menang");
}}
} else {
this._x = xawal;
this._y = yawal;
}
};

l.onReleaseOutside = function() {
this.stopDrag();
this._x = xawal;
this._y = yawal;
};

//-----------------------------

Demikian tutorial kali ini semoga berhasil ...


Reactions

Post a Comment

0 Comments